Senin, 04 Mei 2015

Manfaat Keju bagi tubuh dalam pembuatan kue lebaran

Manfaat keju bagi tubuh dalam pembuatan kue lebaran   - Dalam pembuatan kue, keju ini sudah pasti tidak pernah ketinggalan, karena hampir semua orang di berbagai kalangan sangat menyukai keju. Manfaat keju bagi kesehatan ternyata sangat banyak sekali, jenis makanan yang lezat ini ternyata mengandung unsur kesehatan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita manusia. Tentunya bukan hal yang sangat sulit dalam hal menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi keju apalagi rasanya enak. Berikut adalah manfaat keju bagi tubuh dalam pembuatan kue lebaran :

·         Membantu menjaga Kesehatan Gigi
Keju sangat-sangat tinggi kandungan kalsium, yang pertama dan terpenting dibutuhkan untuk gigi yang kuat. Selain itu, keju sangat rendah kadar laktosa. Semakin tua keju, semakin rendah kadar laktosa. Laktosa adalah bentuk lain dari  gula (glukosa, maltosa atau laktosa) , yang umumnya bisa merugikan gigi.

·         Membantu sintesa DNA dan menjaga fungsi syaraf
Vitamin B2 yang terkandung dalam keju mempunyai peranan penting dalam metabolisme energi, dan diperlukan dalam metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Jadi mengkonsumsi keju dapat membantu menjaga kesehatan dengan cara memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Keju juga mengandung vitamin B6 yang membantu metabolisme asam amino dan lemak, serta menjaga kesehatan kulit dan sistem syaraf. Sedangkan B12 (kobalamin) dalam keju adalah sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem syaraf, serta dalam pembentukan darah. Vitamin B12 mampu membantu pematangan sel-sel darah merah, membantu sintesa DNA dan menjaga fungsi syaraf.

·         Membantu menjaga Kesehatan Tulang
Selain memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, keju juga kaya akan vitamin B, yang sangat baik untuk anak-anak, perempuan (terutama untuk hamil dan menyusui) dan orang tua (baik juga bagi orang dewasa), untuk pembentukan dan penguatan tulang dan tulang rawan. Vitamin B juga berguna untuk membantu penyerapan dan peredaran kalsium.

·         Membantu Mencegah kanker
Perlu anda ketahui bahwa di dalam keju terdapat kandungan berupa asam Linoleat dan Sphingolipids, kedua kandungan ini bermanfaat sekali untuk mencegah terkenanya penyakit kanker yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.
Selain kandungan di atas di dalam keju juga terdapat kandungan Vitamin B yang sangat baik dan bermanfaat sekali untuk menjaga system kekebalan tubuh kita yang sedang menurun.

·         Osteoporosis 
Osteoporosis adalah penyakit pengeroposan tulang, terutama disebabkan karena kekurangan kalsium, yang mengakibatkan penurunan kepadatan tulang. Terutama hal ini terlihat pada wanita yang mengalami menopause, orang tua dan anak-anak yang menderita gizi buruk. Penyakit tulang keropos ini dapat diobati dengan protein, kalsium dan vitamin. Cuma kalsium saja tak bakal tidak sedikit menolong, sebab masalahnya penyerapan kalsium masihlah membutuhkan peran nutrisi lain buat pembentukan tulang. & tidak sedikit nutrisi yg saling beri dukungan tidak sedikit ditemukan dalam keju. Jadi, keju bisa menjadi bagian yang ideal dari diet osteoporosis.

Keju memang merupakan hasil fermentasi dari susu, kabarnya semakin tua, semakin nikmat rasanya. Akan Tetapi kalau saat menyimpan ia ditumbuhi jamur berwarna kehijauan atau kekuningan, tentu saja ia tak bisa lagi dimakan.